Rabu, 08 September 2010


Public Key Data Base III eRBhe6

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, keamanan komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Berbagai cara atau metode untuk mengamankan komunikasi telah banyak ditawarkan. Salah satu cara atau metode yang digunakan untuk mengamankan komunikasi adalah dengan kriptografi.
Dalam ilmu kriptografi, terdapat dua macam sistem kripto yang digunakan, yaitu sistem kripto simetrik dan kunci asimetrik. Dalam perkembangannya, sistem kripto asimetrik ternyata lebih banyak dipergunakan. Salah satu kelebihan sistem kripto asimetrik adalah segi efisiensi penggunaan kunci. Akan tetapi, hal tersebut berdampak pada manajemen kunci yang lebih rumit.

Dalam sistem kripto asimetrik atau yang lebih sering disebut dengan public key cryptography, distribusi kunci merupakan hal yang sangat penting karena kunci merupakan kekuatan dari sebuah algoritma kriptografi itu sendiri. Dengan perkembangan teknologi, khususnya teknologi internet, maka distribusi kunci public akan lebih mudah.

Distribusi kunci publik yang sering kita gunakan adalah dengan cara memanfaatkan suatu server yang dapat dikses melalui jaringan internet. Salah satu contoh yang sering kita pakai adalah public key server pada aplikasi PGP. Pada public key server ini, pihak yang akan mengirimkan kunci public mengupload kuncinya kedalam sebuah server secara online. Kemudian orang yang akan menerima kunci tersebut tinggal mencari kunci public yang telah diupload ke database server tadi.

Intinya, pada pada sistem public key, setiap pihak memiliki sepasang kunci, yaitu kunci publik untuk mengenkripsi dan kunci privat untuk mendekripsi. Kunci privat bersifat privat atau hanya boleh diketahui dirinya sandiri. Sedangkan, kunci publik bersifat publish, artinya boleh diketahui oleh semua orang. Oleh karena itu, penulis mencoba membuat sebuah alternative aplikasi public key database server sebagai database kunci publik semua pihak yang ingin berkomunikasi secara terenkripsi.

Biar lebih jelas baca papernya dengan klik disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar