Minggu, 22 Agustus 2010


APLIKASI SECURE E-VOTING eRBhe VI

Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa dampak globalisasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Begitu halnya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat berpengaruh tehadap pola hidup manusia. Kebutuhan manusia untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial berkenaan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat (Rahardjo, 2002). Dengan akses informasi yang sangat cepat dan akurat, manusia dapat menyusun langkah hidup dan mengambil keputusan dari permasalahan yang dihadapinya.
Di Indonesia, proses pemilihan umum baik pemilihan presiden & wakil presiden hingga pemilihan kepala daerah masih dilakukan dalam bentuk konvensional kecuali untuk beberapa daerah seperti Bali dan itupun untuk skala kecil. Pemilihan secara konvensional jelas membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi antara satu pihak dan pihak lainnya. Kemungkinan terjadinya kecurangan yang dapat merugikan salah satu pihak sangat mungkin terjadi dan sulit untuk diketahui. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan yang serba cepat namun aman perlu ada suatu mekanisme atau aplikasi yang digunakan sebagai pemilihan elektronis yang aman yang telah memenuhi syarat suatu pemilihan.
Saat ini kriptografi telah menyajikan suatu cara untuk membangun sebuah system secure electronic voting atau e-voting (Herschberg, 1997) yang berarti syarat suatu pemilihan dapat dipenuhi walaupun pemilihan dilaksanakan secara elektronis dengan cara tersebut pemilihan dapat dilakukan secara aman dan remote atau jarak jauh. Dimana pihak yang menentukan pilihan tidak harus takut pilihannya diketahui oleh orang lain sebelum waktu yang telah ditentukan, pihak lain dapat juga dilibatkan dalam pengawasan pemilihan tersebut, sehingga kecurangan dan penipuan yang dapat merugikan salah satu pihak relatif sulit untuk dilakukan.
Pada proyek akhir mata kuliah Protokol Kriptografi ini kami Tingkat III Teknik Persandian Bidang Minat Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi akan membangun suatu aplikasi yang user friendly berupa perangkat lunak berbasis web yang memenuhi kebutuhan protokol secure election untuk dipakai pada proses pemilihan elektronis skala kecil dengan memanfaatkan protokol kriptografi. Apilkasi berbasis web ini menggunakan algoritma kunci simetris dengan menggunakan HTTPs (HyperText Transfer Protokol Secure) sebagai media pengiriman dan penerimaan vote atau pemilihan dalam jaringan. Kami memilih pengiriman dan penerimaan data vote dalam jaringan dengan menggunakan HTTPs karena protokol tersebut merupakan salah satu protokol jaringan standar yang menjamin keamanan pertukaran data. Selain itu dalam penggunaanya sangat mudah, user friendly dan tidak perlu membayar lisensi, serta dapat dikembangkan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan user. Adapun pembangunan website dilakukan dengan bantuan bahasa pemrograman PHP.

Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mengunduh disini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar