Senin, 25 Januari 2010


Ombus-ombus khas Batak


Ombus-ombus
Semenjak duduk di sekolah dasar sampai sampe sekarang saya seneng banget makan makanan khas batak yang dinamakan Ombus-Ombus. Makanan ini menurut saya sangatlah enak, karena cukup membuat kenyang dari manisnya gula Jawa dan kelapa parutnya. Wah sebenernya yang digambar ini dari bentuknya agak berbeda dengan yang biasa saya makan. Yang digambar kebagusan..hehehe. Ombus-ombus yang biasa saya makan itu bentuknya agak mengkhawatirkan dan menggenaskan, tampak seperti digumpal dengan satu tangan. Ehmm ,but it can't be a problem, because about flavour, its still yummy..
Okeh langsung aja cara pembuatannya yaa, mungkin yang saya berikan juga merupakan pembelajaran, tapi apa salahnya mencoba yaa^

Bahan:

* 100 gr tepung ketan
* 100 gr kelapa muda, parut panjang
* 1/4 sdt garam
* 50 gr gula merah, sisir
* Daun pandan, iris 2 cm
* Daun pisang

Cara membuat:

* Kukus tepung ketan, kelapa muda parut, garam, aduk rata hingga adonan berbutir.
* Ambil daun pisang bentuk kerucut kecil, letakkan daun pandan iris, taruh 1 sendok makan adonan, isi 1/2 sdt gula merah, tutup kembali dnegan adonan, bungkus. Lakukan hingga adonan habis.
* Masukkan dalam dandang yang telah dipanaskan, kukus sampai matang, angkat.
(http://www.tabloidnova.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar