Rabu, 25 Februari 2009


Dadu Digital with LED Project

the project

Gambar rangkaian Digital Dice

Pada tingkat dua semester tiga, saya mendapatkan mata kuliah di kampus dengan dosen Ibu Fira, yaitu mata kuliah elektronika digital. Sebelumnya saya sudah mendapat mata kuliah elektronika analog, yang inti dari pelajarannya tidak lepas dari rangkaian-rangkaian elektronika. Saya tidak bisa memberikan project elektronika analog, karena hasilnya kurang memuaskan, yaitu yang saya beri nama Radio OpAmp. Kegagalannya adalah tidak di dapatnya gelompang AM dari kampus saya. Selain itu juga harus membutuhkan antenna yang panjang untuk menjangkau gelombang AM.

Pada bahasan kali ini, saya akan memberikan project elektronika digital, yang diberi judul Digital Dice. Alasan mengapa saya mengambil project ini adalah untuk membantu anak-anak yang suka bermain dadu. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk memegang dadu lalu diocok dan dilempar(teringat masa lalu..hehe.:P

Berikut ini adalah komponen-komponen yang diperlukan beserta cara kerja dari rangkaian tersebut juga skematiknya.

Komponen :
1. IC 4017 1 buah
2. IC 555 1 buah
3. Resistor 10 kΩ 3 buah
4. Resistor 330 Ω 1 buah
5. Resistor 470 Ω 3 buah
6. Kapasitor 0.01 μF 1 buah
7. Kapasitor 0.1 μF 1 buah
8. Dioda 1N4148 6 buah
9. Soket 16-pin 1 buah
10.Soket 8-pin 1 buah
11.Led merah 7 buah
12.Push switch 1 buah
13.Switch 1 buah
14.PCB Polos 1 buah
15.Port DC 1 buah

Cara Kerja :
Menekan tombol push switch akan mengocok dadu. Ini membuat perputaran kecepatan yang tergantung frekuensinya, akan mengacak angka dadu. Karena IC yang digunakan bersifat master-slave, maka saat High, akan mengocok nilai dadu yang akan dikeluaran pada saat slave. Perputaran angka yang keluar ditunjukkan oleh LED ketika push switch dilepas(switch juga High kembali).

IC 555 menghasilan denyutan waktu sekitar 5 kHz untuk 4017 yang mempunyai sepuluh output (Q0-Q9). Masing-masing output akan menjadi High ketika menerima denyutan. Karena hanya enam perhitungan (Q0-Q5) yang dibutuhkan dan Q6 dihubungkan ke tombol reset.

Rangkaian dadu dimulai pada angka 2 (:10) yang digunakan ke LED B1 dan B2, ini disimpan di dioda dan akan ditampilkan di circuit. Karena denyutan terus mengalir, maka perhitungan akan terus dilakukan. Hal ini akan terhenti ketika tombol push switch kembali ditekan.


Gambar skematik Digital Dice


selamat mencoba :-)




1 komentar:

Anonim mengatakan...

hi!,I rеally like yοur wгiting very a lοt!

pгoρortіon we keeρ up a сοrreѕponԁence more about yοur post on AΟL?
I need an expеrt on this аrea to solve mу problem.
Mаy bе that's you! Taking a look forward to see you.

Feel free to surf to my webpage :: power rating

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar