Jumat, 11 Juni 2010


Enkripsi-Dekripsi file sederhana lewat terminal Linux Ubuntu 9.10

Pada hari ini. saya mendapatkan banyak pengetahuan lagi2 dari dosen kriptografi jaringan, yaitu mengenai Public Key Infrastructure. Tapi untuk pembahasan mengenai ini mungkin akan diberikan pada postingan selanjutnya. Postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengenkripsi file 1024 bit. Kenapa hanya 1024 bit?? Karena untuk menggenerate kunci public dan privatenya saya akan menggunakan openssl. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Pertama, Anda masuk terlebih dahulu menjadi root Anda. Caranya mengketikkan $ sudo su.
Lalu setelah masuk menjadi root, masuklah ke dalam folder yang telah Anda buat sebelumnya pada home Anda. Dalam hal ini folder yang saya telah buat adalah folder test-pakiyan. Anda juga dapat membuatnya dengan $ mkdir [folder yang diinginkan].
Selanjutnya kita menggenerate sebuah private key dengan mengketikkan $ openssl genrsa -out rsaprivkey.pem -passout pass:stsn6 -des 1024. Pada hal ini kita akan mendapatkan sebuah private key yaitu file rsprivkey.pem, dan password kita adalah stsn6.
lalu, kita juga harus menggenerate public key yang berkoresponden dengan private key kita, ketikkan $ openssl rsa -in rsaprivkey.pem -passin pass:stsn6 -pubout -out rsapublickey.pem. File public key kita bernama rsapublickey.pem.

Setelah kita sudah memiliki kunci asimetrik tersebut, kita akan mencoba mengenkripsi sebuah file (.txt) yang sudah kita tulis didalamnya. Pada kali ini, file saya bernama plain.txt yang berisikan "denybinsarmangisi".
Cara mengenkripsi dengan ketik $ openssl rsautl -encrypt -pubin -inkey rsapublickey.pem -in plain.txt -out cipher.txt. Nanti akan tampak file baru bernama cipher.txt dimana merupakan hasil enkripsi file plain.txt tadi. Apabila anda membukanya, akan tampak hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.
Untuk mengetes file cipher.txt bila didekripsi apakah sama dengan file semula, Anda bisa mencobanya dengan ketik $ openssl rsautl -decrypt -inkey rsaprivkey.pem -in cipher.txt -out plain.txt. Dari ini akan menghasilkan sebuah file plaincopy.txt dimana setelah kita buka memang isinya sama dengan file asli kita yaitu plain.txt.
jadi dapat dinyatakan proses enkripsi dan dekripsi file sederhana dengan menggunakan kunci assimetris berhasil.^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar