Senin, 08 Maret 2010


Apa itu blog?

Artikel berikut akan saya coba membahas tentang weblog atau yang lebih sering disebut dengan blog.

Apa itu blog? Apa manfaatnya? Apa saja jenis blog? mungkin itu tadi merupakan pertanyaan yang akan sering muncul dari para pemula di dunia blog.

Baiklah dari pada saya mengulur waktu dengan intermezzo yang ga jelas, lebih baik langsung saya mulai saja…

Weblog atau sering disebut Blog, Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web”, adalah memasuki web dan menuliskan artikel, kesimpulan, review ataupun bentuk informasi yang lain dan memberikan pendapat atau komentar pada artikel, kesimpulan atau informasi yang sudah dituliskan pada web tersebut.


Blog mempunyai beberapa ciri khas, yaitu : Biasanya berisi tentang artikel dan informasi, ada juga yang berisi tentang suatu kejadian yang sedang dan telah dialami oleh si penulis blog atau orang lain, atau kumpulan sebuah opini yang mewakili karakter dari si penulis. Selain itu, kita juga bisa mengakses dan mengomentari artikel yang tertulis dalam blog, sehingga terjadi interaksi 2 arah dari penulis blog dan pembaca blog.

Sistem pendataan artikel pada blog pada umumnya diurutkan sesuai dengan tanggal posting artikel, jadi artikel terbaru akan di tampilkan di urutan paling atas blog tersebut atau dengan kata lain diurutkan berdasarkan tanggal posting. Tapi tidak semua blog memasang artikel erbarunya di urutan paling atas pada blog, beberapa fitur dari mesin blog tersebut juga menyediakan pengaturan artikel, dapat berdasarkan tangggal posting ataupun random.

Hmm … jadi apa itu blog ? oke, sekarang saya beri simpulan definisi blog menurut saya,

“Weblog atau Blog merupakan suatu website yang berisi beberapa konten dan dikelola secara personal ataupun bersama-sama yang isi konten tersebut dapat di perbaharui dan biasanya mewakili dari pemikiran, karakter, dan sudut pandang penulis blog. Isi blog dapat dikomentari sehingga dapat terjadi interaksi dua arah dari pengunjung blog dan pengisi konten blog.”

http://kamar.noersilo.web.id/2010/01/apa-itu-blog/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar