Senin, 11 Januari 2010


S-MAIL

Salah satu crypto engine yang di publish untuk kepentingan keamanan informasi dalam hal ini penggunaan secure email yang dinamakan S-Mail. Perangkat yang digunakan tentunya adalah komputer untuk dapat berkomunikasi lewat email. S-Mail menyediakan tiga fasilitas dalam mengamankan communication by email, antara lain;

1. DSA (Digital Signature Algorithm)
DSA merupakan algoritma yang didalamnya memasukkan semacam tanda tangan digital dengan menggabungkan dengan pesan yang akan dikirim dengan email. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan otentikasi pada pesan yann dikirim dengan email. DSA memiliki tiga metode, yaitu message recovery, appendix, dan penggabungan apendix dan message recovery. Message recovery dan appendix berbeda dalam teknik penggabungannya, message recovery langsung menggabungkan tanda tangan digital pada pesan, sedangkan appendix pesan yang digabung dengan tanda tangan digital akan di hash lagi.


2. PGP (Pretty Good Privacy)
PGP merupakan suatu layanan yang berupa algoritma yang didalamnya akan menghasilkan sepasang kunci dengan ukuran 1024x2 atau sepanjang 2048bit. Sepasang kunci yang dihasilkan dinamakan public key dan private key. Terkadang keduanya sering disebut sertifikat yang menunjukkan nilai hash yang dimiliki setelah aktivitas terhadap layanan internet telah dilakukan. Public key akan dikirim kepada penerima yang menggunakan S-Mail juga, untuk dapat memverifikasi pengirim email tersebut. Sedangkan private key digunakan untuk mengenkrip email agar layanan kerahasiaan tetap terjaga.

3. SSL (Secure Socket Layer)
SSL merupakan pengamanan pada jalur komunikasinya dimana SSL adalah jalur tersendiri yang terdapat di antara layer aplikasi dan internet. Protokol komunikasi yang digunakan adalah TCP/IP.


S-mail sangat baik disarankan untuk konsumen yang ingin mendapatkan keamanan dalam komunikasi dengan email.:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar