Jumat, 22 Januari 2010


Cara menghapus kernel linux ubuntu

Postingan kali ini saya akan memberikan pengetahuan yang berdasarkan pengalaman saya. Waktu itu saat awal menginstall linux, saya sangat menggebu-gebu untuk update sypnatyc dan berharap cepat kernelnya update. Tetapi saat sudah update kernelnya, saya jadi merasa kebanyakan kernel linuxnya karena untuk masuk OS xp harus cursor down yang cukup lama. so dengan berbagai tutorial yang saya cari ehh dapet juga dh, dan tutorial berhasil saya lakukan.
Langsung aja yahh^
Pertama, anda harus membuka terminal pada linux anda, kemudian ketikkan uname -r untuk melihat kernel yang sedang kita gunakan. Gambarnya bisa dilihat dibawah ini.


Selanjutnya, ketikkan dpkg --list 'linux-image*' untuk melihat daftar kernel yang terdapat pada linux ubuntu kita.


Setelah kita melihat kernel apa saja yang terdapat pada linux kita, kita dapat menghilangkan kernel linux mana yang dirasa tidak perlu saat tampilan booting. Dengan cara mengetikkan sudo apt-get remove linux-image-2.6.31-17-generic (dalam hal ini saya ingin menghapus kernel 17, karena saya sudah mengupdate menjadi 18)

Silahkan mencoba:)





1 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info gan.
thx tutor nya
dah sya coba. n berhasil

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda :)

Komentar